Related Posts with Thumbnails

Partner Link Text

PPC Iklan Blogger Indonesia

Blog Archive

Sponsor dan Banner

Iklan II

Statistik

Indonesiaku bukan sekedar Indonesia Indonesiaan

Indonesia adalah negeri yang sangat indah, secara geografis wilayahnya terdiri dari banyak pulau yang dihuni oleh beraneka etnis dengan kekayaan kebudayaan dan kekayaan sumber daya alam yang dimilikinya. Dengan semua potensi yang dimiliki oleh Indonesia, saat ini Indonesia terus bergerak menuju jati dirinya. Ribuan budaya yang tinggi nilainya, ratusan juta jiwa yang terus bergelut dalam kemelut, dengan segala carut marutnya. Inilah yang dinamakan Indonesia, sebuah warisan nusantara yang megah.
Banyak sekali yang dibanggaankan dengan negeri Indonesia ini seperti warisan budaya Indonesia diantaranya adalah Gamelan, Wayang kulit (dikukuhkan oleh UNESCO sebagai kesenian dunia pada tahun 2003), Keris (dikukuhkan oleh UNESCO sebagai kesenian dunia tahun 2005), Batik (dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda tahun 2009).
Kesenian tradisional seperti Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Tari Pendet dari Bali, Tari Piring dari Sumatera Barat dan masih banyak lagi kesenian tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Disamping itu Indonesia juga memiliki potensi alam yang luar biasa, seperti Pulau Bali yang merupakan sebagian kecil dari keindahan kepulauan Indonesia.
Sebagai rakyat Indonesia saya merasa bangga, karena kita punya kebudayaan dan kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dengan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, kerap membuat iri negara lain. Bukan sekali saja budaya Indonesia diakui (diklaim) negara lain mulai gamelan, wayang kulit, keris, batik, reog Ponorogo, tari pendet, tari piring, kuda lumping, angklung, bahkan makanan khas Indonesia juga ikut diklaim seperti rendang hingga tempe. Semuanya itu adalah bukti bahwa Indonesiaku bukan Indonesia Indonesiaan. Itulah sebutan untuk negeriku, karena di negeri ini aku dilahirkan, di negeri ini dibesarkan, di negeri ini aku mencari ilmu, di negeri ini aku berkarya, dan di negeri ini pula aku hidup.

Tidak terlepas dari itu semua, memang tak dipungkiri masih banyak masalah-masalah yang di hadapi oleh negeri ini seperti pertama, masalah kesejahteraan rakyat miskin, sejak reformasi kehidupan masyarakat miskin belum membaik, masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan, bahkan kesejahteraan rakyat dinilai semakin menurun.
Kedua, masalah pendidikan, sebenarnya di Indonesia ini banyak sekali bibit-bibit anak jenius, hanya saja perkembangan mereka terhambat bahkan terhenti hanya karena masalah biaya pendidikan. Kalau saya lihat masih banyak anak-anak yang tidak bersekolah karena faktor biaya pendidikan, meskipun dari Pemerintah telah diadakan program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), tapi pada kenyataannya masih banyak anak-anak (anak jalanan) yang tidak bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak.
Ketiga, masalah lapangan kerja dan perlindungan hak rakyat pekerja, dewasa ini kalau saya lihat masih banyaknya pengangguran, karena kurangnya lapangan pekerjaan. Bahkan yang sudah bekerja banyak juga yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), sehingga makin menambah banyaknya pengangguran.
Keempat, masalah penegakan hukum, sekarang ini kian marak dibicarakan yaitu masalah korupsi, makelar kasus (markus), makelar pajak, dan masih banyak lagi. Intinya yang masih berhubungan dengan KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme). Dan dari segi penegakan hukum, saya rasa Pemerintah dan jajaran penegak hukum masih belum maksimal dalam menyelesaikan berbagai kasus yang menimpa negeri ini.
Kelima, masalah terorisme, sekarang ini aksi teror atau terorisme kian marak. Padahal pada waktu saya lahir hingga dewasa (atau waktu Pemerintahan Presiden Suharto), yang namanya teroris itu tidak ada. Tetapi sejak reformasi aksi teror kian marak, saya merasa prihatin atas kejadian-kejadian aksi teror yang telah menimbulkan banyak korban jiwa dan membuat resah rakyat Indonesia.
Itulah sebagian masalah-masalah yang dihadapi oleh negeri tercinta ini. Dan demi terciptanya kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Semuanya itu tidak bisa terlepas dari siapa yang memimpin negeri ini tetapi kita sebagai rakyat Indonesia, sudah sepantasnya membantu meringankan beban permasalahan tersebut, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat, sejahtera, adil dan makmur.
Dan saya percaya karena bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang. Bangsa yang penuh harapan, penuh semangat, dan penuh perjuangan untuk mewujudkan harapannya. Sebagai upaya mencapai cita-cita perjuangan bangsa yang belum usai ini yang harus diteruskan oleh anak-anak bangsa yang mempunyai semangat perjuangan, untuk memerdekakan bangsa Indonesia dalam arti yang sesungguhnya.
Di kesempatan ini, saya mengajak Anda semua yang mempunyai kepedulian dan keprihatinan yang sama untuk membangun negeri ini melalui ide, gagasan, karya, kreativitas, keahlian, keuangan, dukungan maupun dengan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Selanjutnya mengisinya dengan berbagai pembangunan di segala bidang untuk mewujudkan Indonesiaku bukan sekedar Indonesia-indonesiaan.
Tulisan ini saya buat untuk ikut berpartisipasi di Ma Chung Blog Competition 2010, semoga tulisan saya berkenan dihati pembaca dan bangsa Indonesia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Indonesia / Kompetisi dengan judul Indonesiaku bukan sekedar Indonesia Indonesiaan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cyberkatrox.blogspot.com/2010/05/indonesiaku-bukan-sekedar-indonesia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Nandang Pitoyo - 17 Mei 2010