Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

31 Juli 2018

Bersama UNTAN Membangun Negeri Indonesia

Pada kesempatan ini admin Cyber Katrox akan membahas tentang topik Bersama UNTAN Membangun Negeri. Seperti kita ketahui Universitas Tanjungpura atau disingkat sebagai UNTAN merupakan universitas negeri di kota Pontianak, Indonesia. Lokasi kampus UNTAN berada di kota Pontianak dan dengan mudah dapat dikenali dari adanya Tugu Digulis yang berada di muka kampus. Tugu Digulis ini dikenal juga sebagai Bundaran UNTAN.

Sejarah

Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga tersebut merupakan tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada saat berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

Status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga saat ini, UNTAN memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Visi dan Misi Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Visi UNTAN
Pada tahun 2020 UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi UNTAN
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Tujuan UNTAN
Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan UNTAN ditujukan untuk membangun Untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU).
Daftar fakultas yang ada di UNTAN :
  • Fakultas Hukum : Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi : Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam
  • Fakultas Pertanian : Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan
  • Fakultas Teknik : (Program Sarjana) Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Pertambangan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik (Program Magister) Teknik Sipil dan Teknik Elektro
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik : Kearsipan, Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : (Ilmu Sosial) Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, (Matematika dan IPA) Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, (Bahasa dan Seni) Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, (Pendidikan Dasar) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Ilmu Keolahragaan), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Kepelatihan Olahraga, (Ilmu Pendidikan) Pendidikan Guru PAUD, Bimbingan dan Konseling, (Program Magister), Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Administrasi Pendidikan
  • Fakultas Kehutanan : Kehutanan
  • Fakultas MIPA : Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Kedokteran : Kedokteran, Farmasi, Keperawatan
Universitas Tanjungpura memiliki rencana strategis (renstra) yang telah disusun dan disepakati oleh jajaran manajemen universitas. Renstra ini menjadi panduan universitas dalam menjalankan visi dan misi universitas.

Didalamnya terdapat ekspektasi keberhasilan universitas setiap tahunnya. Selain itu, dalam renstra ini juga terdapat strategi pencapaian tujuan universitas beserta indikator keberhasilan yang digunakan sebagai standar penilaian keberhasilan dari proses yang dijalankan. Dalam menentukan strategi dan menentukan indikator keberhasilan ini, Universitas Tanjungpura telah mempertimbangkan dengan cermat nilai dasar, kondisi internal dan eksternal, baik dalam perspektif regional maupun internasional.
Demikian sedikit informasi dan gambaran tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Mari Bersama UNTAN Membangun Negeri Indonesia.

Sumber referensi dan gambar :
  • id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Tanjungpura
  • untan.ac.id

5 komentar:

  1. UNTAN memang wajib diacungi jempol, bukan hanya melahirkan mahasiswa berprestasi, namun juga UNTAN termasuk salah satu universitas terbaik di kalimantan, marilah bersama untan membangun negeri menjadi lebih berkualitas!

    BalasHapus
  2. Wah keren kak reviewnya tentang bersama UNTAN membangun negeri. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online atau metode belajar online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

    BalasHapus
  3. semoga universitas tanjungpura semakin berjaya dan semua mahasiswa nya tetap bersama untan membangun negeri menjadi lebih berkualitas dan lebih diakui oleh dunia dengan segala prestasi mahasiswa yang membanggakan.

    BalasHapus
  4. Bersama UNTAN Membangun Negeri

    BalasHapus
  5. Selamat mas..
    Lombanya menang..
    Keren..

    BalasHapus

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan membuat SPAM