Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

22 Februari 2010

Jambore on the Blog ala Bhirawa

Bhirawa merupakan sebuah blog yang dimiliki dan dikelola oleh Pakde Cholik. Dalam rangka memperkenalkan kehadiran Bhirawa di dunia maya, untuk itu Pakde Cholik menyelenggarakan acara yang bertajuk Jambore on the Blog. Untuk mengikuti jambore ini, kata Pakde Cholik syaratnya harus me-review blog Bhirawa. Ok lah kalau begitu? langsung aja mulai review.

Tampilan
Blog Bhirawa dari segi tampilan memang sangat sederhana, dengan perpaduan warna hitam muda (header), silver (menu) dan putih (background). Dan template yang digunakan adalah simple chrome buatan Beysim Ali yang berbasis Wordpress. Blog dengan judul Bhirawa dan dengan slogan “Prakoso Amargo Gandengan Mbarek Konco”, kalau tidak salah yang artinya kuat karena bergandengan bersama teman.

Kalau dilihat dari tampilannya yang sederhana dengan accessories pada sidebar yang berisi fitur standar seperti kontact, kotak pencarian, vote, recent post, recent comment, top comentator dan site info. Saya rasa kurang menarik untuk dilihat, tapi Pakde Cholik mempunyai maksud lain yaitu dengan menampilkan blog secara sederhana dan minim accessories, tujuannya untuk mempercepat dan memperingan proses loading page-nya.

Kinerja Bhirawa

Untuk kecepatan mengakses Blog Bhirawa, jangan diragukan lagi. Meskipun penampilan sederhana dan minim, tapi kalau masalah loading speed-nya wus…wus…wus… (seperti mobil habis di tune-up). Itu sudah terbukti saat saya membuka blog Bhirawa, maka dalam hitungan detik blog sudah terbuka dan tampil sempurna. Untuk mencoba loading speed-nya, Anda bisa mencobanya disitus selfseo.com. Dan untuk kecepatan loading blog Bhirawa bisa dilihat dibawah ini.

Untuk kecepatan / kemudahan memberikan komentar, saya rasa sangat gampang dan cepat. Kenapa gampang dan cepat, karena begitu kita tulis komentar (tanpa embel-embel si captcha), lalu klik tombol submit comment maka dalam hitungan detik komentar kita sudah muncul.

Untuk kemudahan dalam menemukan artikel, saya rasa juga tidak terlalu sulit. Apabila kita ingin mencari artikel-artikel yang lama pada blog Bhirawa, kita bisa langsung masuk ke menu archives.

Dari segi SEO, menurut saya blog ini belum menggunakan plugin All in one SEO pack. Yang menurut saya plugin tersebut sangat membantu dalam pencarian pada search engine, sehingga pagerank-nya bisa cepat naik (sementara ini pagerank blog Bhirawa masih 0). Pada intinya belum secara total memperhatikan masalah SEO, seharusnya apabila kita ketik kata Bhirawa pada search engine (google.co.id), maka blog Bhirawa akan menempati urutan pertama, tapi ini masih menempati urutan ke-3. Untuk membuktikannya bisa dilihat screenshot dibawah ini.

Tapi yang bikin saya terpana adalah ranking alexa, posisi 155 ribuan (posisi rank alexa pada saat artikel ini ditulis). Ini sungguh luar biasa, karena blog Bhirawa masih tergolong baru. Karena itu saya sangat tertarik dan mau berguru pada Pakde Cholik untuk merayu tante Alexa (asal jangan tante yang lain) hehehe…..

Isi / Artikel
Blog Bhirawa ini sudah mempunyai 67 artikel (jumlah tersebut pada saat artikel ini ditulis). Beberapa artikelnya banyak mengulas tentang tips ngeblog, menulis, menjemput ide, dan lain-lain. Kalau menurut saya jumlah artikel tersebut sudah banyak, dibandingkan blog saya yang sudah cukup lama berkibar tapi jumlah artikelnya masih kalah dengan artikel blog Bhirawa.

Untuk mutu dari artikel blog Bhirawa, pada intinya blog ini sama halnya dengan blog lain, yaitu merupakan media untuk menuliskan ide, gagasan dan sekaligus alat untuk berbagi pengalaman, ilmu dan informasi serta untuk bersilaturahmi dengan para sahabat. Tulisan dengan gaya bahasa yang sederhana, mudah dimengerti dan sedikit ada sentuhan humor tapi mengena.

Demikian review saya tentang blog Bhirawa, semoga Pakde Cholik dengan senang hati dapat menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, karena semuanya ini untuk kemajuan blog Bhirawa.

21 komentar:

  1. Terima kasih banyak mas atas reviewnya yang komprehensif. Ada beberapa tanggapan yang ingin saya sampaikan.
    1.Theme memang sederhana dan theme ini pilihan tekini, maklum saya sudah mencoba dan memakai beberapa theme tapi belum sreg. Saya sebenarnya senang theme yg agak gebyar gitu. Tapi sementara pakai ini dulu.

    2. Benar, sebelumnya saya tidak memasang Platinum SEO Pack karena kelalaian saya, padahal BlogCamp sudah pakai. Setelah membaca artikel ini saya baru sadar dan langsung saya pasang. terima kasih sudah mengingatkan.

    Saran2 perbaikan lainnya Insya Allah akan saya tibdak lanjuti.

    Sudah saya catat sebagai peserta mas.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. @ Bhirawa : Saya juga ucapkan terima kasih, karena sudah boleh mereview dan menjadi peserta Jambore on the Blog.

    BalasHapus
  3. Wah...itu blog emang keren abis mas....

    btw, tukaran link nya mas...link nya dah saya add...add balik y mas...

    BalasHapus
  4. @ Didiet : Ok, link udah terpasang di daftar teman. Makasih.

    BalasHapus
  5. hoho.. semoga sukses dengan bhirawa.. ^^ salam untuk pak de yah..

    BalasHapus
  6. wah, mantap reviewnya, saya belum bisa menampilkan copy home atau apalah namanya, yang demikian di atas itu...

    semoga sukses di sana.

    BalasHapus
  7. Salam kenal juga Mas. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog saya.
    Semoga sukses.
    Salam hangat dan sukses selalu :)

    BalasHapus
  8. Salam Mas Cyber,
    Ayo kira ramaikan blognya Mas cholik, win or lose biarkan saja,

    BalasHapus
  9. @ Badruz : Makasih mas, untuk menanpilkan screenshot yg mudah pakai print screen, terus di edit pakai photoshop.
    @ arkasala : Makasih mas.

    BalasHapus
  10. saya pernah mereview buku dan film, tapi belum pernah mereview blog. jambore on the blog menjadi pengalaman pertama saya.

    BalasHapus
  11. Setuju sama Mas Aldy. Yang Penting meriah.
    Review ini lengkap tidak seperti yang kutulis malah seperti curahan hati. Judul yang aku pakai aja tidak memakai kata "Bhirawa" seperti teman-teman yang lain.

    BalasHapus
  12. kunjungan balik cak

    salam kenal juga dari pamekasan madura

    review yang mantabss dan komplit
    saya review tidak terlalu mendalam yang penting ikut meramaikan aja dan mencari tambahan sahabat
    soal alexa saya juga salut dengan trik pakde yang alexanya ruarr biasa

    BalasHapus
  13. top markotop repiunya mas. saya doakan menang

    BalasHapus
  14. @ aldy : Setuju mas
    @ BaNi MusTajaB : sama juga dengan belajar mereview
    @ Bang Dje : Tidak masalah yang penting meriah
    @ citromduro : makasih cak
    @ zenteguh : makasih mas

    BalasHapus
  15. salam kenal.... kunjungan perdana..... kunjungan balik ya

    BalasHapus
  16. nginceng malam2 dan ikut mendo'akan semoga dipilih Pakdhe sebagai penerima tali asihnya.

    Salam sukses dari Lereng Muria dan emPIISSS

    BalasHapus
  17. Tertarik juga untuk berguru biar jadi anak emas Tante Alexa
    Hehehe... :)
    Semoga sukses

    BalasHapus
  18. salam kenal.. Bhirawa emang keren dan mantab mas..

    BalasHapus
  19. jalan-jalan di malam minggu dan mampir ke blog-e mas katrox. heheheheh kok mas katrox to?

    Halah mbuh wes...seng penting mbaca alamat domain-e ada katrox-e dan yang jelas, si empunya ndak katrox.

    Sukses terus ya Mas dan emPIISSSS

    BalasHapus
  20. @ richo : Salam kenal juga, makasih telah berkunjung
    @ cah ndeso : Makasih mas
    @ batiknovita : Silahkan saja berguru pada Pakde Cholik
    @ Anas : Ok, setuju
    @ cah ndeso : Makasih mas atas supportnya.

    BalasHapus

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan membuat SPAM