Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

01 Maret 2010

MyCleanReef.org : Pusat Informasi Penyelamatan Terumbu Karang dan Satwa Laut dari Bahaya Sampah

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, dan Indonesia juga dikenal sebagai salah satu pusat keanekaanragaman hayati laut dunia dengan kekayaan terumbu karangnya. Namun, terumbu karang di Indonesia merupakan salah satu kawasan yang paling terancam di dunia. Banyak penyebab yang mengancam kelestarian terumbu karang di Indonesia, diantaranya adalah sampah. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusi yang memungkinkan ialah membangun program penyelamatan terumbu karang yang berbasiskan masyarakat. Dan MyCleanReef adalah salah satu alternatifnya.

MyCleanReef.org merupakan sebuah website yang berisi tentang informasi penanganan dan pengelolaan sampah khususnya kawasan pantai, laut beserta isinya termasuk terumbu karang dan satwa laut.

Dari segi tampilan, website MyCleanReef.org ini cukup menarik, dengan background berwarna putih (yang melambangkan bersih), warna orange pada menu dan sedikit dimeriahkan dengan gambar-gambar pendukung pada bagian atasnya. Template yang digunakan di design oleh KarmaGraphic yang berbasis Wordpress. Yang pastinya secara garis besar tampilannya cukup menarik dan enak dilihat.

Untuk navigasi website MyCleanReef.org ini, menurut saya masih kurang lengkap, selain menu Halaman Utama, Tentang Kampanye, Sampah di Pantai & Laut, Sampah & Kita, Foto, Multimedia, Donasi untuk Padang, serta Kontak. Saran saya yaitu perlunya penambahan menu Arsip (Archives). Tujuannya untuk memudahkan kita yang ingin melihat artikel-artikel yang lama. Jadi kita tidak harus klik “Previous Entries” dan “Next Entries” untuk melihat artikel-artikel yang lama.

Sedangkan untuk isi artikel, saya rasa sudah cukup bagus dan bermanfaat, sesuai dengan tujuan my clean reef yaitu mengkampanyekan kebersihan pantai, laut beserta isinya termasuk terumbu karang dan satwa laut. Dan untuk kecepatan loadingnya, saya rasa cukup cepat. Itu terbukti setelah saya test dengan menggunakan selfseo.com, dengan hasil seperti terlihat dibawah ini.Menurut saya MyCleanReef.org cukup interaktif, sebagai wujud nyata kerjasama dengan Coca Cola Botling Indonesia untuk meningkatkan kesadartahuan dan keterlibatan aktif masyarakat untuk memiliki dan melakukan gaya hidup bersih yang terkait dengan program Coca-Cola for Bali Coastal Clean Up. Dan untuk interaksi dengan pengunjung, saya rasa sudah cukup baik. Terbukti setiap komentar yang masuk selalu dibalas atau dijawab. Tapi ada sedikit saran dari saya, setidaknya untuk berinteraksi dengan baik, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu berkunjung balik (blogwalking) ke web / blog yang mengomentari. Tujuannya untuk lebih mengenalkan MyCleanReef.org, sebagai pusat informasi penyelamatan terumbu karang dan satwa laut dari bahaya sampah.

Demikian sedikit saran yang bisa saya sampaikan lewat review ini, dan yang terpenting adalah saya sebagai blogger sangat mendukung atas keberadaan website MyCleanReef.org yang mengkampayekan gerakan menyelamatkan terumbu karang dan satwa laut dari bahaya sampah.


MyCleanReef.org


12 komentar:

  1. Mantaaab!! thanks buat saran n kritiknya gan...
    salam kenal ya!!

    BalasHapus
  2. @ mycleanreef : Makasih mas, salam kenal juga.

    BalasHapus
  3. Sampah memang menjengkelkan.
    Disamping baunya yang tidak enak, bahaya penyakit juga sangat memungkinkan.
    Mulai dari sekarang mari kita galakkan bahaya sampah. bukan hanya dilaut tapi untuk semua tempat.

    BalasHapus
  4. @ afdil : Setuju mas, mari kita lestarikan lingkungan kita dari sampah.

    BalasHapus
  5. tak dukung juga mas atas "kampanye gerakan menyelamatkan terumbu karang dan satwa laut dari bahaya sampah"

    Semoga kian hari kian banyak orang yang tersadar, betapa pentingnya kita menjaga amanat dari Allah SWT ini.

    Salam sukses dari lereng Muria dan emPIISSSS

    BalasHapus
  6. @ cah ndeso : Makasih atas dukungannya.

    BalasHapus
  7. Selamat malam sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih berupa sebuah buku dalam acara Just For Fun
    Silahkan cek di http://www.dreamscometruela.org/2010/03/05/penerima-tali-asih-just-for-fun/
    Terima kasih. Selamat menikmati weekend bersama orang-orang tercinta.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. @ J'BLOG : Terima kasih Pakde atas tali asihnya, ini merupakan tali asih yang Pertama dari Pakde.

    BalasHapus
  9. Selamat ya Cyber katrox, atas terpilihnya review anda menjadi juara kedua dalam kontes web review mycleanreef.org!!

    salam sukses selalu

    BalasHapus
  10. @ mycleanreef : Tidak menyangka menjadi juara dua. Saya mengucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  11. Selamat ya jadi juara 2 kontes reviewnya... :)

    BalasHapus
  12. BlaGaBloGer : Makasih mbak. Selamat juga buat Anda.

    BalasHapus

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan membuat SPAM