Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

27 Januari 2009

Dunia Blogger ; Dunia Serba Blog

Bicara soal blog, sebenarnya saya sudah mengenal istilah blog sekitar tahun 2006. Tapi waktu itu saya belum tertarik untuk nge-blog. Karena saya berpikir bahwa blog itu hanyalah semacam diary yang dipublikasikan lewat internet, dengan kata lain “diary online”.

Biasanya kalau menggunakan internet yang saya lakukan hanyalah browsing untuk mencari informasi ataupun hanya sekedar chatting. Seiring dengan berjalannya waktu aktivitas chatting pun saya tinggalkan dan beralih untuk mencoba ngeblog.

Awal mula saya ngeblog, setelah saya browsing kesana kemari dan akhirnya menemukan sebuah blog milik Fatih Syuhud. Dari situ saya baca tutorial tentang pembuatan blog, dan dari situ pula saya mulai tertarik untuk membuat blog.


Pertama kali, saya membuat blog di Wordpress, karena menurut saya Wordpress itu lebih mudah penggunaannya. Seminggu pertama ngeblog sih memang masih semangat nge-blog, meskipun belum banyak pengunjung dan komentar yang masuk di blogku yang pertama, namun pada akhirnya ada juga yang mengunjungi blog saya, dan memberi komentar pada tulisan saya.


Pada bulan Juli 2008, saya pun mulai mencoba membuat blog baru di Blogspot. Dan blog ini merupakan blogku yang kedua. Kenapa saya membuat blog di Blogspot, karena saya kepingin memasang berbagai accessories yang memakai java script, selain itu juga untuk memasang iklan untuk menjadi publisher, yah… ujung-ujungnya untuk mencari uang tambahan.


Ngeblog itu memang asyik, karena dengan ngeblog saya mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan baik bagi diri saya maupun bagi orang lain (pengunjung blog). Manfaat dan keuntungan yang saya dapatkan dari aktivitas ngeblog diantaranya adalah :

  • Ngeblog untuk mencari teman. Dengan mengunjungi blog orang lain atau dikenal dengan istilah blogwalking, kemudian meninggalkan komentar bila berkenan. Jumlah komentar pun menjadi salah satu hal yang asyik ditunggu-tunggu dalam aktivitas ngeblog. Apalagi kalau mendapatkan Award, meskipun itu pemberian dari teman-teman blogger, seperti Award pertamaku. Hal inilah yang membuat saya semangat untuk ngeblog.
  • Ngeblog untuk tempat promosi dan berbagi. Promosi yang saya lakukan dengan tukeran link dengan blogger lain, tujuannya agar orang lain mengetahui eksistensi blog saya. Serta tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan, cerita, pengalaman, kisah, atau yang lainnya.
  • Ngeblog untuk belajar dan berlatih menulis. Saya yang awalnya sama sekali nggak percaya diri untuk mulai ngeblog, karena merasa diri saya tidak bakat menulis. Namun ketika memaksakan diri untuk terus ngeblog, maka ide-ide itu terus mengalir dan keluarlah tulisanku. Semoga dengan ngeblog ini tulisan saya akan menjadi bagus, terarah dan enak dibaca.
  • Ngeblog untuk mencari penghasilan tambahan. Mencari uang dengan menggunakan media blog. Sebagai contoh menjadi publisher situs PPC (Pay Per Click) lokal seperti KumpulBlogger, AdsenseCamp, Adspeedy, dan masih banyak lagi. Disini kalau kita tekun menjadi publisher, pastinya nantinya akan memperoleh hasil meskipun itu hanya sedikit (recehan).
Dari pengalaman selama saya ngeblog, hal tersebut yang membuat saya termotivasi untuk keep blogging, karena saya merasa tidak blogging sendirian, ternyata masih ada orang yang membaca blog saya dan mereka memberi tanggapan yang positif tentang blog saya. Dan sekarang ini saya mulai menikmati asyiknya menjadi Blogger.

Jadi, bagi yang masih baru dan belum ngeblog atau yang masih bertanya-tanya? Apa itu blog? Siapa itu blogger? Kenapa kita harus ngeblog? Apa manfaatnya? Langsung saja meluncur ke web Ayongeblog.com. Web ini berisikan motivasi dan ajakan kepada semua masyarakat Indonesia untuk ngeblog.