Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

04 Januari 2011

Pengertian Domain dan Hosting Indonesia

Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah website atau blog yang dipakai untuk memperluas jaringan promosi usaha Anda maupun bisnis online, tentunya yang Anda butuhkan adalah domain dan hosting. Sebelum membangun sebuah website atau blog, lebih baik Anda perlu mengetahui dulu apa itu domain dan hosting.
Apa itu Domain?
Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer yang tergabung dalam internet. Domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Contohnya nama domain "jagoanhosting.com" lebih mudah diingat daripada 127.0.01.

Istilah seputar Domain
Top Level Domain (TLD) - Merupakan domain tingkat atas/tinggi. Dan TLD sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Generic Top Level Domain (gTLD). Ekstensi domain yang bersifat global, dan yang termasuk dalam kategori ini, seperti : com (comercial), net (network), info (information), org (organization), edu (education), biz (business), gov (goverment), mil (military), int (international). Sebagai contoh, “jagoanhosting.com memiliki top level domain com
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD). Ekstensi domain yang dikhususkan untuk sebuah negara, seperti .us (Amerika Serikat), .uk (united Kingdom), .jp (Jepang), .sg (Singapura) .id (indonesia). Di Indonesia sendiri ccTLD dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), dan yang termasuk kategori ini, seperti co.id, or.id, net.id, go.id, sch.id, ac.id, web.id

Second Level Domain – Merupakan bagian setelah Top Level Domain. Sebagai contoh “jagoanhosting
Subdomain - Merupakan domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar. Sebagai contoh, “blog.jagoanhosting.com
Apa itu Hosting?
Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.
Jenis-jenis layanan Hosting
  • Shared Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Sebagai contoh Jagoan Profesional Shared Hosting Indonesia, merupakan layanan share web hosting Indonesia professional dengan server yang berlokasi di Indosat Data Center (IDC) Jakarta. Spesifikasi server yang sangat handal serta didukung koneksi langsung ke Indonesia Internet Exchange (IIX) membuat akses pengunjung ke website Anda semakin nyaman. Paket share web hosting Indonesia di hadirkan dalam pilihan paket menarik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tetap dengan harga hosting murah.
  • VPS (Virtual Private Server) atau server virtual. Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan. Sebagai contoh Jagoan VPS, merupakan layanan yang menyediakan Virtual Private Server Indonesia yang berlokasi di datacenter Indonesia tepatnya di Indosat Data Center (IDC) Jakarta. Dengan paket VPS ini seakan Anda memiliki sebuah server sendiri dengan harga yang jauh lebih murah. VPS merupakan solusi untuk Anda yang menginginkan fitur - fitur yang tidak terdapat dari share hosting tetapi tidak memiliki budget untuk menyewa dedicated server sendiri.
  • Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.
  • Colocation Server adalah server yang dititipkan disuatu tempat dimana penyewa tempat tersebut membutuhkan keamanan, kestabilan arus listrik, dan juga kestabilan akses internet. Server tersebut bisa dipergunakan untuk apa saja sesuai dengan kebutuhan dari penyewa tempat tersebut.
Di Indonesia, ada ratusan penyedia jasa layanan web hosting, yang menawarkan berbagai layanan yang bervariasi jenis dan mutunya. Sebelum Anda menyewa jasa layanan hosting, faktor apa saja yang perlu Anda ketahui sebagai calon konsumen :
  • Support dan keberadaan perusahaan yang jelas. Faktor ini sangat penting, karena jasa support dapat Anda peroleh dari perusahaan penyedia hosting, seperti Jagoan Hosting Indonesia. Sebagai perusahaan yang sah dan jelas keberadaannya, PT. Beon Intermedia yang berada di jalan Jemur Andayani No. 50 / C-17 - Surabaya, menyediakan kantor yang bisa Anda kunjungi untuk melihat maupun berhubungan langsung dengan para staf, serta menyediakan layanan support teknis lewat telepon, e-mail maupun Yahoo Messenger.
  • Fasilitas (Fitur). Faktor ini juga penting, karena apa artinya Anda berlangganan hosting kalau Anda tidak dapat menjalankan aplikasi yang Anda inginkan. Fasilitas unlimited web hosting meliputi sub domain, email account (POP3), database (MySQL), FTP account, cPanel dan Fantastico.
  • Kapasitas ruang dan kapasitas bandwidth, jangan tergiur oleh promosi penyelenggara jasa web hosting yang bombastis.
  • Teknologi yang digunakan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena didukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan.
  • Harga yang pas. Sesuaikan kebutuhan hosting Anda, dengan uang yang akan Anda keluarkan.
Setelah Anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan tantangan yang tidak mudah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui.
Untuk lebih detail tentang pengertian domain dan hosting indonesia, dapat Anda lihat video di bawah ini.



Sumber gambar : google dan jagoanhosting

22 komentar:

  1. makasih infonya,, semoga kita bisa membawa pulang hadiah utamanya.. Amin..

    BalasHapus
  2. @ Anas : Semoga mas. Makasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. moga kontesnya menang ya :)

    BalasHapus
  4. makasih Sobat, atas sharing ilmunya...

    Sukses selalu..

    BalasHapus
  5. @ Erwin : Sama-sama mas, makasih.

    BalasHapus
  6. info menarik.

    terima kasih atas kunjungannya...

    BalasHapus
  7. @ hilal alifi : Sama-sama mas, makasih.

    BalasHapus
  8. Wah jadi tambah wawasan tentang domain dan hosting kalee aja bisa memiliki rumah sendiri LD
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  9. Pusing juga mbaca tentang hosting...
    Mesti ditelaah satu persatu :D

    BalasHapus
  10. @ Sugeng : Makasih atas kunjungannya mas.
    @ Kakaakin : Pelan-pelan aja membacanya, ntar akan mengeti juga mbak.

    BalasHapus
  11. semoga jadi ilmu yang bermanfaat. :-)

    BalasHapus
  12. @ gotaufik : Amin. Makasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  13. ..mengerucut..mengomentari masalah mengelola/membangun weblog/website yang ..baik gratis atau berbayar....memerlukan kerja keras(kalau serius)...dan ada kepuasaan tersendiri jika memenuhi target....

    BalasHapus
  14. @ Mengenal Domain dan Hosting : Iya mas, semoga menang.
    @ aryadevi sudut kelas : Betul mas. Makasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  15. Mantab Keren sob...apalagi Fotonya Tukul wa..mala lebih oke

    BalasHapus
  16. @ Adib : Makasih mas, selamat ya mas telah menjadi pemenang utama. Sukses selalu.

    BalasHapus
  17. Informasinya oke, video@ juga keren. Ilustrasinya pas dan sangat cocok dengan pemahaman saya terhadap domain dan hosting. Nice info sob. Thank to share...

    BalasHapus

Silahkan beri komentar dengan bijak dan jangan membuat SPAM