Cyber Katrox Weblog

Informasi dan Review seputar Internet, Produk, Teknologi, Bisnis Online, SEO, Otomotif dan Blogging

30 September 2011

Blogger Nusantara Sebagai Tempat Blogpreneur Indonesia

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Tapi sebelum membahas tentang blogger nusantara blogpreneur indonesia, saya akan membahas dulu seperti apa dunia blogging di Indonesia?

Kalau kita lihat, jumlah pengguna internet di Indonesia pertumbuhannya begitu pesat. Bahkan di kawasan Asia, Indonesia masuk dalam 5 besar pengguna internet terbanyak. Peningkatan jumlah tersebut, dikarenakan pengguna internet di Indonesia banyak yang menggunakan layanan jejaring sosial seperti Facebook. Selain layanan Facebook, banyak juga yang menggunakan layanan Blogspot (Blogger.com), Wordpress, Youtube, Twitter maupun Multiply.

Sedangkan dunia blogging di Indonesia perkembangannya juga pesat. Ini terbukti dengan bertambahnya blogger (pemilik blog) di Indonesia. Tapi peningkatan jumlah tersebut tidak ada data resmi yang mencatat jumlah blogger di Indonesia. Namun setidaknya, peningkatan jumlah blogger di Indonesia bisa dilihat dari catatan peserta pada acara-acara yang sering diadakan oleh para penggiat blog maupun komunitas blogger yang ada di Indonesia. Seperti acara yang pernah dipelopori oleh idBlogNetwork yaitu acara Roadblog 2011 Blogilicious yang diadakan di 7 kota besar di Indonesia.

Selain itu, mengapa perkembangan blog di Indonesia sedemikian pesat. Kemungkinan ada banyak faktor, yang pertama dan paling sering dijadikan alasan utama ngeblog adalah kebebasan berekspresi yang sangat terbuka luas. Dan yang kedua adalah faktor mencari uang atau istilah kerennya make money blogging.

Dengan derasnya informasi mengenai peluang mencari uang melalui blog, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba mencoba peruntungan dengan ikut terjun ke dunia blogging. Dan apabila dalam melakukan aktifitas blogging dan sudah dapat menghasilkan uang, menurut saya sudah bisa dikatakan sebagai Blogpreneur.

Lalu bagaimana menjadi blogpreneur, dan apa manfaatnya?

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, bahwa blogpreneur adalah seseorang (blogger) yang melakukan aktifitas blogging dan sudah dapat menghasilkan uang melaui blog. Untuk manfaat menjadi blogpreneur sangat banyak, diantaranya adalah belajar tentang bisnis online seperti peluang bisnis online tanpa ribet, belajar tentang SEO seputar Google Panda, Google Analytics dan masih banyak lagi.

Ok, sekarang tibalah saatnya saya akan membahas mengenai Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia.

Blogger Nusantara merupakan paguyuban Blogger Indonesia yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger Indonesia untuk berkarya, berkreasi dan menjadi blogpreneur.

Yang menarik dari Blogger Nusantara ini, tak terlepas dari rencana akan diadakannya Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Acara ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2011 bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Dan rencananya dalam kopdar ini akan diundang pembicara atau narasumber kelas dunia yang akan mengulas habis rahasia suksesnya kepada para peserta sehingga dapat memberikan wawasan spirit ke-blogpreneur-an untuk menjadi blogger nusantara yang sukses dan mendapatkan hasil yang lebih nyata.

Ide ini awalnya dari keinginan seorang blogger dari Surabaya, yaitu mas Gempur Abdul Ghofur. Setelah banyaknya blogger yang tergabung dalam Bloglicius, dan menanggapinya dengan antusias. Kemudian ditangkap dan difasilitasi oleh IBN bersama rekan-rekan, berkembang untuk menjadikannya sebagai wadah blogger Indonesia bernama Blogger Nusantara.

Menurut saya ini sungguh ajang kopdar yang luar biasa, karena seribu orang blogger yang ada di Nusantara ini akan bertemu dan bertatap muka secara langsung. Dan seperti yang dikatakan mas Gempur, nantinya dalam kopdar ini tidak akan ada perbedaan antara blogger daerah maupun perkotaan, tidak ada blogger kere maupun blogger kaya, tidak ada citizen blog maupun seleb blog, semua berada dalam satu barisan pemuda, barisan Blogger Nusantara.

Harapannya, dengan berkumpulnya blogger Indonesia dalam satu tempat, satu waktu, satu semangat dan satu moment yang dinamakan Kopdar 1000 Blogger Nusantara ini dapat menjembatani para blogger Indonesia untuk menjadi blogpreneur yang sukses. Dan semoga event Kopdar 1000 Blogger Nusantara yang akan diadakan nanti bisa terlaksana dengan baik.

Salam Blogger Nusantara